Berdoa adalah cara yang bisa kita lakukan untuk menyampaikan keinginan kita kepada Allah SWT, dan tentu kita selalu berharap doa kita akan dikabulkan oleh-Nya. Nah agar doa yang kamu panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT, kamu bisa mencoba untuk berdoa di waktu-waktu dikabulkannya doa berikut.

Menjelang Subuh

nasa.gov

Pada waktu ini, Allah SWT turun ke dunia dan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang berdoa pada waktu ini.

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.”

Surat Az-Zariyat Ayat 18

Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang berdoa pada waktu ini.hal ini juga dijelaskan kembali oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya,

يَنْزِلُ رَبُّنَا كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا حَتَّى يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

“Setiap malam Rabb kita turun ke langit dunia di sepertiga malam yang akhir. Lalu Dia berfirman: “Siapa yang berdoa kepada-Ku maka akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku maka akan Aku beri dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni.”

Hadits Abu Daud Nomor 4108

Hari Jum’at

masjidakbarkemayoran.org

Terdapat banyak pendapat mengenai waktu dikabulkannya doa pada hari Jum’at ini, namun dua pendapat yang paling mendekati adalah saat duduknya imam di mimbar hingga selesai sholat dan setelah Ashar hingga matahari tenggelam.

Pendapat yang pertama sendiri berasal dari hadits berikut

هي ما بين أن يجلس الإمام إلى أن تقضى الصلاة

“Waktu tersebut adalah ketika imam naik mimbar sampai shalat Jum’at selesai”

Hadits Riwayat Muslim Nomor 853 dari sahabat Abu Musa Al Asy’ari Radhiallahu’anhu.

Dan pendapat yang kedua berasal dari hadits

يوم الجمعة ثنتا عشرة يريد ساعة لا يوجد مسلم يسأل الله عز وجل شيئا إلا أتاه الله عز وجل فالتمسوها آخر ساعة بعد العصر

“Dalam 12 jam hari Jum’at ada satu waktu, jika seorang muslim meminta sesuatu kepada Allah Azza Wa Jalla pasti akan dikabulkan. Carilah waktu itu di waktu setelah ashar”

Hadits Riwayat Abu Daud Nomor 1048 dari sahabat Jabir bin Abdillah Radhiallahu’anhu. Dishahihkan Al Albani di Shahih Abi Daud.

Bulan Ramadhan

riau.go.id

Sudah bukan rahasia umum lagi jika bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan tersebut jugalah terdapat malam yang paling baik daripada seribu bulan, yakni malam lailatul qadar.

Pada bulan ini terdapat tiga waktu dikabulkannya doa oleh Allah SWT dan waktu-waktu ini termasuk ke dalam waktu yang mujarab.

Waktu tersebut adalah saat sahur, saat sedang berpuasa dan saat berbuka puasa.

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.”

Hadits Riwayat Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10: 14.

Hari Arafah (9 Dzulhijjah)

indiatoday.in

Hari Arafah ini biasa kita hanya berpikiran saat sedang dalam keadaan wukuf di Arafah. Namun, hal tersebut ternyata tidak benar, karena hal ini berlaku secara general.

Hal ini karena keutamaannya bukan dari tempat berdoanya, namun dari harinya, yakni hari Arafah atau pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah.

Hal ini sendiri sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah.”

Hadits Riwayat Tirmidzi Nomor 3585

Dan jika kamu sedang melaksanakan ibadah haji, dan melaksanakan wukuf di Arafah, maka keutamaan yang kamu dapatkan akan berlipat, yakni dilihat dari tempat dan harinya.

Antara Adzan dan Iqamah

konsultasisyariah.com

Banyak orang yang tidak mengetahui jika terdapat keutamaan di antara adzan dan iqamah, yang mana pada waktu ini merupakan waktu dikabulkannya doa.

رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُرَدُّ الدُّعَاءُ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan tertolak doa antara adzan dan iqamah.”

Hadits Abu Daud Nomor 437

Waktu antara adzan dan iqamah merupakan waktu yang penuh dengan berkah, dan sudah tentu saat kita berdoa di waktu tersebut insya Allah doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Itulah beberapa waktu dikabulkannya doa sebagai pengingat kita untuk lebih banyak berdoa pada waktu-waktu tersebut. Kunjungi Juga: Doa-doa Sederhana Umat Muslim Dalam Berkegiatan Sehari-hari yang Sering Terlupakan

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *