Perayaan Idul Adha merupakan hari raya yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia setelah hari raya Idul Fitri.

Inti dari perayaan hari raya Idul Adha sendiri sama, namun setiap negara di dunia terkadang menggabungkan hari raya yang terkenal dengan kegiatan berkurban ini dengan budaya setempat yang membuatnya menjadi unik.

Nah berikut adalah tradisi perayaan hari raya Idul Adha di berbagai negara dunia yang memiliki keunikannya masing-masing.

Amerika Serikat

masjidakbarkemayoran.org

Sebagai suatu negara adidaya yang mayoritas penduduknya bukan beragama Islam, namun perayaan Idul Adha di Amerika Serikat tidak kalah ramai loh.

Penduduk yang beragama Islam akan mengambil cuti atau izin dan diberikan libur selama 1-3 hari. Mereka biasanya melakukan ibadah bersama di masjid sejak pagi hari.

Setelah itu kemudian mereka mengadakan acara makan bersama yang makanannya dimasak di rumah masing-masing.

Keberagaman makanan inilah yang menjadi keunikan dari perayaan Idul Adha di negara yang terkenal dengan julukan Paman Sam ini.

Arab Saudi

metro.tempo.co

Di Arab Saudi, perayaan hari raya Idul Adha menjadi hari raya terbesar. Pada bulan ini, negara tersebut akan dipenuhi oleh umat muslim yang melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga disibukan dengan aktivitas pemotongan dan pendistribusian hewan kurban.

Daging dari hewan-hewan kurban tersebut akan distribusikan oleh pemerintah kepada negara muslim lainnya yang membutuhkan bantuan.

Pakistan

kitamuda.id

Pemerintah Pakistan begitu menjunjung tinggi setiap perayaan dalam Islam, tidak terkecuali hari raya Idul Adha ini.

Saat idul Adha menjelang, pemerintah Pakistan akan memberikan libur selama empat hari kepada para pegawainya.

Hal unik dari perayaan Idul Adha disini adalah masyarakat akan memandikan hewan kurbannya sebelum mereka memotongnya.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dari hewan yang akan dipotong. Setelah dimandikan, hewan kurban ini akan dihias dengan kalung bunga dan hiasan meriah lainnya.

Mesir

lifestyle.okezone.com

Pemerintah Mesir akan memberikan libur bagi pegawainya yang akan merayakan Idul Adha, yakni selama 3 hari.

Saat perayaan Idul Adha, warga dilarang untuk melakukan ibadah sholat Ied di dalam masjid, namun pemerintah menghimbau warganya untuk melaksanakan ibadah sholat Ied di lapangan.

Pemotongan hewan kurban di Mesir juga unik  karena dilakukan di pinggir jalan sehingga membuat jalanan di negara ini dipenuhi darah dari hewan kurban.

Maroko

liputan6.com

Saat hari raya Idul Adha menjelang, pemerintah Maroko akan menetapkan libur selama 3 hari untuk merayakan Idul Adha bagi warganya.

Saat hari raya ini, warga Maroko akan beribadah dengan sangat khusyuk dengan berkumpul di masjid-masjid yang ada disana.

Warga Maroko saat menyambut Idul Adha ini memiliki makanan tradisionalnya tersendiri loh, yakni Mrouzia dan Boulfaf.

Makanan tersebut dibuat dengan dari daging sapi dan domba yang dibakar atau direbus dengan menggunakan bumbu rempah-rempah untuk menambah cita rasanya.

Turki

ravelingyuk.com

Hari raya Idul Adha di Turki biasanya disebut dengan Baqri-Eid atau ‘Festival Sapi’. Namun, tidak hanya sapi yang menjadi hewan kurban disini, ada juga kambing dan domba.

Pemerintah Turki akan memberlakukan hari libur selama 4 hari untuk menyambut hari raya Idul Adha ini bagi semua warganya.

Pada saat hari raya Idul Adha, para warga tidak hanya membagikan daging hasil kurban saja, namun juga akan saling berbagi makanan yang sudah jadi kepada tetangga atau kerabat mereka.

Itulah beberapa tradisi perayaan hari raya Idul Adha di berbagai negara selain Indonesia yang memiliki keunikannya tersendiri. Kunjungi Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha, Ini 9 Keutamaan Puasa Sunnah Pada 10 Hari Pertama Dzulhijjah

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *