Masjid Nabawi di kota Madinah menjadi tempat yang wajib untuk didatangi saat kamu melakukan ibadah haji atau umrah.

Namun, ternyata kota Madinah juga memiliki banyak tempat lain yang sayang untuk dilewatkan saat kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung kesana.

Masjid Quba

islamiclandmarks.com

Masjid ini menjadi masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW pada 8 Rabiulawal 1 Hijriah. Masjid ini sangat istimewa.

Masjid ini sendiri disebut sebagai masjid yang dibangun atas dasar takwa seperti yang disebutkan dalam Alquran Surat At-Taubah Ayat 108,

“Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.”

Selain disebut dalam Alquran, keistimewaan lain dari masjid ini juga disabdakan oleh Rasulullah SAW sendiri,

“Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian mendatangi masjid Quba dan shalat di dalamnya, maka ia akan mendapatkan pahala umrah.”

Hadits Ibnu Majah Nomor 1402.

Masjid bercat putih dengan empat menara ini tampak mempesona dengan kesederhanaannya. Di sekitar masjid Quba tampak rindang pohon kurma.

Masjid Bir Ali

ibadahkita.com

Masjid ini adalah tempat dimana Rasulullah SAW mengambil miqat sebelum melaksanakan ibadah haji atau umroh.

Jarak antara masjid Bir Ali ke kota Mekkah sendiri masih cukup jauh, namun para jamaah memilih meneladani apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk mengambil miqat disini.

Selain dikenal sebagai masjid bersejarah tempat Rasulullah SAW memilih miqat untuk berangkat umroh pemandangan di sekitar masjid Bir Ali juga sangat mengagumkan.

Jabal Uhud

muslimvillage.com

Bukit Uhud atau Jabal Uhud ialah sebuah bukit yang berjarak 5 kilometer di sebelah utara kota Madinah dengan tinggi sekitar 1.077 meter di atas permukaan laut.

Bukit ini menjadi saksi dimana pernah terjadi pertempuran besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy, yakni Perang Uhud.

Makam para syuhada yang gugur dimakamkan di  sekitar bukit ini dimana masih bisa kamu kunjungi hingga saat ini

Pemerintah Arab Saudi memberikan pengumuman bagi setiap pengunjung yang berisi tentang larangan untuk melakukan hal-hal seperti mengusap-usap kuburan.

Selain itu, para jamaah dilarang membawa tanah atau batu dari tempat tersebut dengan tujuan yang tidak baik.

Jabal Magnet

islampos.com

Nama ini hanya dikenal oleh jamaah yang berasal dari Indonesia, hal ini karena lokasinya yang dikelilingi bukit-bukit yang memiliki medan magnet yang sangat tinggi.

Namanya memang tak setenar tempat bersejarah lainnya yang ada di kota suci Madinah dan Makkah, seperti Jabal Uhud, Baqi’, Jabal Rahmah, dan lainnya.

Namun, “Jabal Magnet” (Bukit Magnet) setiap tahun selalu dikunjungi jutaan manusia dari berbagai belahan dunia yang sedang menunaikan haji dan umrah atau pun sekedar wisata.

Medan magnet yang tinggi di tempat ini dapat membuat sebuah bis yang berisi penumpang penuh dapat berjalan sendiri dengan sangat kencang.

Masjid Qiblatain

hajjumrahplanner.com

Masjid Qiblatain atau Masjid dua kiblat adalah salah satu tempat bersejarah di Madinah. Masjid ini mula-mula dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah, karena Masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah.

Pada permulaan Islam, orang melakukan Shalat dengan kiblat kearah Baitul Maqdis (Masjidil Aqsha). Kemudian belakangan turun wahyu kepada Rasulullah SAW untuk memindahkan kiblat kearah Masjidil Haram di Mekkah.

Ketika itu Rasulullah SAW tengah shalat dengan menghadap kea rah Masjidil Aqsha. Di tengah shalat, tiba-tiba turunlah wahyu surat Al-Baqarah Ayat 144.

Itulah beberapa tempat bersejarah di Madinah yang harus kamu kunjungi saat memiliki kesempatan untuk beribadah haji atau umroh ke Arab Saudi. Kunjungi Juga: Masjid Indah Sejuta Sejarah di Negeri Arab

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *