Shalat merupakan jembatan kita sebagai umat untuk dapat berkomunikasi dengan Allah SWT. Selain shalat lima waktu, dalam Islam juga ada shalat sunah, yang mana shalat tersebut boleh dikerjakan ataupun tidak.

Namun, banyak sekali manfaat dari shalat sunah yang bisa kita dapatkan jika kita rutin melaksanakan shalat sunah. Berikut adalah shalat sunah yang bisa kamu rutinkan untuk mendapatkan pahala tambahan dari Allah SWT.

Shalat Rawatib

islamkafah.com

Shalat rawatib adalah shalat sunah yang dikerjakan sebelum (qabliyah) atau sesudah (ba’diyah) shalat wajib. Pahala dari shalat rawatib sendiri tidaklah main-main, sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut,

رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ قَالَتْ أُمُّ حَبِيبَةَ فَمَا تَرَكْتُهُنَّ مُنْذُ سَمِعْتُهُنَّ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ عَنْبَسَةُ فَمَا تَرَكْتُهُنَّ مُنْذُ سَمِعْتُهُنَّ

“Barangsiapa shalat dua belas rakaat sehari semalam, maka akan dibangunkan baginya sebuah rumah di surga.”

Hadits Muslim Nomor 1198

Namun, shalat sunah rawatib sendiri memiliki aturan untuk dapat melaksanakannya, karena terdapat beberapa waktu haram untuk melaksanakan sholat, termasuk shalat rawatib ini.

Shalat Dhuha

tongkronganislami.net

Sudah menjadi pengetahuan umum jika shalat dhuha merupakan shalat sunah yang bisa kamu rutinkan karena memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan. 

Keutamaan dari shalat dhuha sendiri diutarakan langsung oleh Rasulullah SAW melalui sabdanya,

النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

“Setiap pagi dari persendian masing-masing kalian ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, dan setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir sedekah, setiap amar ma’ruf nahyi mungkar sedekah, dan semuanya itu tercukupi dengan dua rakaat dhuha.”

Hadits Muslim Nomor 1181

Shalat dhuha sendiri dilakukan pada pagi hari ini, yakni pada seperempat kedua hari, atau sekitar pukul 9 pagi.

Shalat Tahajud

wahdah.or.id

Shalat tahajud atau biasa disebut juga sebagai shalat malam adalah shalat sunah yang dilaksanakan pada malam hari setelah tertidur dan melaksanakan shalat Isya.

Rasulullah SAW bersabda,

رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ وَمَنْهَاةٌ عَنْ الْإِثْمِ وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنْ الْجَسَدِ

“Hendaknya kalian melakukan shalat malam, karena shalat malam adalah hidangan orang-orang shalih sebelum kalian, dan sesungguhnya shalat malam mendekatkan kepada Allah, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan, dan menolak penyakit dari badan.”

Hadits Tirmidzi Nomor 3472

Shalat Witir

bersamadakwah.net

Shalat witir sendiri banyak disebut sebagai penutup dari sholat tahajud, karena dilakukan setelah kita melaksanakan shalat tahajud.

Shalat ini sendiri merupakan salah satu shalat sunah yang sangat dianjurkan,

النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Jadikanlah akhir shalat malam dengan ganjil (witir).”

Hadits Bukhari Nomor 943

Shalat Isyroq

bersamadakwah.net

Terakhir, shalat sunah yang bisa kamu rutinkan untuk menambah amalan kamu adalah shalat isyroq. Sedikit sekali pengetahuan umat tentang shalat ini.

Shalat isyroq sendiri yang masih termasuk ke dalam bagian dari shalat dhuha, namun dikerjakan di awal waktu shalat dhuha.

مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.”

Al Hakim. Syaikh Bazmoul.

Kunjungi Juga: Amalan-amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Bahkan Setelah Kematian

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *