Menunaikan ibadah di Tanah Suci Mekah adalah impian setiap umat Islam di dunia. Sungguh beruntung orang-orang yang pernah beribadah di Tanah Suci dan melihat Kabah di tanah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Kabah adalah kiblat sholat bagi umat Islam yang terletak di Masjidil Haram, Mekkah. Kabah wajib dikunjungi para peziarah ketika berada di Mekkah.

Tetapi masih banyak sekali umat Islam yang tidak tahu isi di dalam Kabah ini. Dilansir Dream.co.id yang bersumber dari Ohbulan.com, pengguna Twitter asal Malaysia bernama Abdal Aziz mencoba memberikan penjelasan singkat tentang isi Kabah.

Banyak orang yang bertanya-tanya tentang isi Kabah. Selain orang Islam, banyak juga selain orang Islam yang penasaran dengan isi bangunan yang disucikan oleh umat Islam ini.

Selama ini sebagian orang mengira bahwa di dalam Kabah itu terdapat minyak dan emas. Padahal rumor tersebut tidak benar sama sekali.

Aziz mengunggah gambar bagian dalam Kabah jika dilihat dari luar. Ternyata di dalam Kabah tidak ada apa-apa kecuali sebuah kotak putih, tiga tiang utama, dan berbagai hiasan gantung.

Isi Kabah yang Sebenarnya

Penampakan isi kabah

Tempat Sholat Nabi Muhammad S.A.W Berada Pada Isi Kabah

Menurut Aziz, kotak putih itu adalah tempat menyimpan berbagai macam parfum yang nantinya akan dicampur dengan air zam-zam untuk mencuci atau membersihkan bagian dalam Kabah.

Kotak Putih pada isi Kabah

Kemudian ada lantai berwarna putih yang panjang dan ukurannya berbeda dari yang lainnya. Inilah tempat di mana Rasulullah sholat ketika pertama kali masuk ke dalam Kabah.

Tempat shalat Nabi dan para Raja pada Isi Kabah

Sekarang lantai berwarna putih ini menjadi tempat Raja Arab Saudi atau pemimpin negara-negara Islam menjalankan sholat setiap kali masuk ke dalam Kabah.

Kemudian ada tulisan yang dipahat di bagian dalam dinding Kabah yang terletak tepat di depan tempat Rasulullah sholat tadi.

Ukiran Pahat Di Dalam Kabah

Pahatan ini merupakan inti dari keyakinan umat Islam yang berbunyi ‘Laa Ilaaha Illallaah Muhammadur Rasulullah’. Artinya ‘Tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah’.

Tiga Tiang Kayu Utama Penyangga Kabah

Langit-langit dari Kabah ini sebagian besar terbuat dari kayu terbaik yang dilapisi dengan perak. Di sini kalian bisa melihat bagian bawah kain kiswah (selimut Kabah) yang berwarna hijau.

Kalian juga bisa melihat banyak sekali hiasan berisi parfum yang tergantung di dalam Kabah. Semua ini adalah hadiah dari para kalifah dan raja-raja Islam sepanjang sejarah.

Pintu di bagian dalam ini bukan akses utama untuk masuk ke dalam Kabah. Di balik pintu ini ada tangga menuju langit-langit Kabah.

Terakhir akan terlihat tiga tiang kayu utama yang menjadi penyangga Kabah. Tiang ini terbuat dari kayu pilihan dan dilapisi oleh emas.

Itulah penjelasan singkat tentang isi Kabah yang sebenarnya. Jadi, jika ada yang bilang di dalam Kabah ada minyak dan emas berarti itu hanyalah hoaks yang sengaja disebarkan untuk menjelekkan Islam. Kunjungi Juga: 8 Kamar Hotel yang Suguhkan Indahnya Kabah Dibalik Jendela

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *