Ada sejumlah masjid di Indonesia yang selamat dari terjangan bencana. Sementara bangunan lain di sekelilingnya sudah luluh lantak, hancur tak karuan. Masjid apa saja?

Bencana alam adalah ketentuan Allah SWT yang tak bisa ” diganggu gugat” oleh manusia. Jika Allah sudah menakdirkan sebuah bencana terjadi, maka terjadilah.

Namun, di balik setiap musibah akan selalu ada hikmah yang bisa diambil. Di balik tiap musibah, juga selalu terselip cerita-cerita menakjubkan yang menunjukkan kebesaran Tuhan.

Seperti beberapa bencana besar yang pernah terjadi di Indonesia. Sederet peristiwa tersebut menyisakan beragam cerita ‘ajaib’ yang menunjukkan betapa besarnya keagungan Tuhan. Salah satu contohnya, keberadaan masjid-masjid yang tetap kokoh berdiri di tengah daerah yang luluh lantak diterjang bencana.

Ya, ada sejumlah masjid di Indonesia yang selamat dari terjangan bencana. Sementara bangunan lain di sekelilingnya sudah luluh lantak, hancur tak karuan. Masjid apa saja? Sahabat AYOHAJI penasaran? Langsung simak saja yuk ulasannya.

  • Masjid Baiturrahman, Aceh.

Sahabat AYOHAJI pasti masih ingat dengan bencana Tsunami yang menerjang Aceh pada 26 Desember 2004 silam. Kala itu gelombang Tsunami menyapu kawasan pesisir Aceh dengan begitu mengerikan. Tsunami meluluhlantakkan apapun yang dilewati. Namun menariknya, ada satu bangunan yang tetap berdiri kokoh pasca diguncang gempa 9 SR. Bangunan itu adalah Masjid Baiturrahman yang menjadi tempat berlindung. Bahkan gelombang setinggi puluhan meter hanya sampai sepinggang yang masuk ke lingkungan masjid.

  • Masjid Al Barkah, Situ Gintung

Pada saat terjangan air bah dan lumpur dari bendungan Situ Gintung membuat daerah sekelilingnya hancur, Masjid Al Barkah justru tetap kokoh berdiri. Ketika Situ Gintung yang berlokasi di Cireundeu, Tangerang itu jebol, hanya sedikit bagian tembok bangunan masjid yang terlihat rusak.

Masjid Al Barkah
  • Masjid Jabalurrahman, Mentawai

Tidak hanya masjid di Lhoknga dan Banda Aceh saja yang tetap kokoh saat Tsunami menerjang kawasan pesisir Aceh dan merenggut nyawa ratusan ribu orang. Masjid Jabalurrahman di Mentawai juga tetap berdiri tegap meskipun air membawa material keras.

  • Masjid Al-Ikhlas, Lhoknga

Sama seperti Masjid Baiturrahman di Banda Aceh, Masjid Al-Ikhlas yang terletak di kawasan Lhoknga ini juga membuktikan kebesaran Illahi. Di mana bangunan ini menjadi satu-satunya yang selamat dari bencana gempa bumi dan Tsunami yang melanda Aceh pada akhir 2004 silam. Bahkan jamaah yang mencari perlindungan di Al-Ikhlas mengatakan jika air terbelah saat melewati masjid layaknya mukjizat Nabi Musa, padahal masjid ini dekat dengan pantai.

  • Masjid Al-Mujahidin, Yogyakarta

Pada Oktober 2010, bencana Gunung Merapi meletus membuat kawasan Yogyakarta begitu tegang. Saat Merapi mengeluarkan lava pijar dan awan panas, semua orang mengungsi. Awan panas itu pun menghancurkan seluruh bangunan dan makhluk hidup yang dilewati. Tapi tidak dengan Masjid Al-Mujahidin yang masih tetap kokoh berdiri (sumber: travel.dream.co.id)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *