Banyak sekali kriteria sahabat sejati, karena sahabat dari seorang muslim dapat menjadi patokan dari perkembangan, pertumbuhan dan juga pengambilan sikap.

Dalam Islam, sahabat juga dapat menjadi patokan tingkat kesolehan seorang umat, sehingga Rasulullah SAW berpesan agar kita berhati-hati dalam mencari sahabat, terutama sahabat sejati.

Rasulullah SAW bersabda,

‘Seseorang bisa dilihat dari keberagamaan sahabatnya. Hendaklah setiap kamu memperhatikan bagaimana sahabat mu beragama.’

Nah, bagaimana sih kriteria sahabat sejati? Berikut adalah kriteria yang disebutkan oleh Imam Al-Ghazali dalam Kitab Bidayatul Hidayah.

Berakal Baik

google.com

Imam Al-Ghazali menempatkan kriteria sahabat sejati berdasarkan akal yang baik ini pada urutan pertama.

Hal ini karena sahabat yang berakal baik akan selalu memberikan kita nasihat atau hal yang sejalan dengan akal sehat kita.

“Tiada mengandung kebaikan persahabatan dengan orang dungu. Biasanya berakhir dengan keengganan dan perpisahan. Perilaku terbaiknya menyebabkan kemudaratan untukmu, padahal dengan perilakunya dia bermaksud agar dirinya berarti untukmu. Peribahasa mengatakan, ‘Musuh yang cerdik lebih baik daripada sahabat yang dungu,’”

Imam Al-Ghazali, Bidayatul Hidayah (Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah) Halaman 90.

Berakhlak Baik

aboutislam.net

Semua orang tentu memiliki akhlak yang baik saat sedang dalam keadaan atau kondisi yang normal. Namun, bagaimana jika sedang dalam situasi atau kondisi tertekan?

Jika orang tersebut mampu untuk mengatasi atau mengendalikan dirinya saat sedang dalam kondisi tertekan, maka orang tersebut termasuk ke dalam kriteria ini.

“Jangan bersahabat dengan orang yang berakhlak buruk, yaitu orang yang tidak sanggup menguasai diri ketika sedang marah atau berkeinginan”

Imam Al-Ghazali, Bidayatul Hidayah (Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah) Halaman 90-91.

Soleh

hudzaifah.org

Imam Al-Ghazali tidak membuat patokan orang soleh hanya dari ibadahnya saja, namun dia melihat kesolehan ini dari bagaimana atau seberapa jauh seorang sahabat menjauhkan diri dari dosa besar.

Seseorang yang selalu melakukan dosa besar menunjukkan kelalaiannya dan juga ketidaktakutannya kepada Allah SWT, sehingga sangat berbahaya untuk dijadikan sebagai sahabat baik

Hal ini sendiri disebutkan juga dalam Alquran,

“Janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.”

Surat Al-Kahf Ayat 28.

Tidak Serakah

suratkabar.id

Bersahabat dengan seseorang yang rakus dan juga serakah akan hal keduniawian tentu sangat berbahaya, karena secara tidak langsung kamu akan terpengaruh juga akan hal tersebut.

Sebaliknya,  orang yang memiliki sifat zuhud atau yang tidak terpengaruh terhadap hal keduniawian akan memiliki dampak positif juga kepada kita.

“Jangan cari sahabat yang gila dunia. Persahabatan dengan orang yang gila dunia (serakah) adalah racun mematikan karena watak tabiat itu meniru dan meneladani. Bahkan tabiat itu mencuri tabiat orang lain dari jalan yang tidak disadari. Pergaulan dengan orang serakah dapat menambah keserakahanmu. Sementara persahabatan dengan orang zuhud dapat menambah kezuhudanmu”

Imam Al-Ghazali, Bidayatul Hidayah (Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah) Halaman 92.

Jujur

aboutislam.net

Terakhir, kriteria sahabat sejati menurut Imam Al-Ghazali adalah orang yang jujur.

Kejujuran seseorang merupakan hal yang sangat penting, karena kejujuran tersebut akan membawa kebaikan, sehingga kita terhindar dari hal atau berita yang tidak valid.

Hal tersebut penting karena berhubungan juga dengan tindakan yang akan kita lakukan setelah mengetahui hal tersebut.

“Jangan bersahabat dengan pendusta. Kau dapat tertipu olehnya. Pendusta itu seperti fatamorgana, dapat mendekatkan sesuatu yang jauh dan menjauhkan yang dekat darimu”

Imam Al-Ghazali, Bidayatul Hidayah (Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah) Halaman 92.

Itulah kriteria sahabat baik menurut Imam Al-Ghazali, karena sahabat sejati juga menentukan kehidupan kamu.

Sulit memang mencari seorang sahabat sejati yang sempurna. Namun, kriteria di atas dapat kamu jadikan sebagai patokan untuk mencari seorang sahabat sejati.

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *