Shalat dhuha merupakan salah satu sholat sunah yang sangat dianjurkan dalam Islam, karena banyak sekali keutamaan shalat dhuha yang bisa kamu dapatkan jika rajin melaksanakannya.

Keutamaan shalat dhuha ini banyak sekali disebutkan baik dalam Alquran, hadits, hingga wasiat dari Nabi Muhammad SAW sendiri.

Ampunan Dosa

Tribunnews.com

Banyak hadits yang menyebutkan mengenai keutamaan shalat dhuha adalah sebagai ibadah untuk mendapatkan ampunan dosa.

Salah satu haditsnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Majah,

من حافظ على شفعة الضحى غفرت له ذنوبه وإن كانت مثل زبد البحر

“Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”

Hadits Riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah

Dari hadits tersebut, dapat kita lihat jika ampunan dosa dari keutamaan shalat dhuha ini begitu besar, bahkan ampunan dosa dari kebiasaan melaksanakan ibadah shalat dhuha ini jumlahnya sebanyak buih di lautan.

Sebagai Sedekah

BimbinganIslam.com

Keutamaan shalat dhuha berikutnya adalah ibadah ini sama dengan jika kita bersedekah. Hal ini seperti di sabdakan oleh Rasulullah SAW,

يصبح على كل سلامي من أحدكم صدقة، وأمر بالمعروف صدقة، ونهي عن المنكر صدقة، ويجزئ عن ذلك ركعتان يركعهما من الضحي

“Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at,”

Hadits Riwayat Muslim

Sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita, terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya.

Orang Islam yang mengerjakan sholat dhuha akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak persendian itu.

Tidak Dianggap Lalai Oleh Allah SWT

aboutIslam.net

Setiap orang tentu tidak ingin menjadi orang lalai, dan tidak mau juga dianggap sebagai orang yang lalai, terutama oleh Allah SWT.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk terhindar dari sifat lalai ini adalah dengan cara rutin melaksanakan sholat dhuha, sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

من صلى الضحى ركعتين لم يكتب من الغافلين

“Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai,”

Hadits Riwayat Al-Baihaqi dan An-Nasa’i.

Jika kita sudah dianggap sebagai seorang yang tidak lalai oleh Allah SWT tentu kita akan diberikan ganjaran yang setimpal juga atas apa yang Allah SWT perintahkan jika kita melakasanakannya secara tepat waktu.

Tercukupi Kebutuhannya

Mengutip.com

Jika kita melaksanakan sholat dhuha, yang mana dilaksanakan pada pagi hari, maka rezeki dan kebutuhan kita akan dicukupkan hingga sore hari.

Sholat dhuha merupakan ibadah untuk memohon rizeki kepada Allah SWT. hal tersebut ditunjukkan dalam ketentuan waktu pelaksanaan dan juga tersirat dalam doa yang dibaca setelah kita melaksanakannya.

عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لَا تُعْجِزْنِي مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِي أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

“Allah ‘azza wajalla berfirman; Wahai anak Adam, janganlah kamu meninggalkan-Ku (karena tidak mengerjakan) empat raka’at pada permulaan siang, niscaya aku akan mencukupi kebutuhanmu di sore hari.”

Hadits Abu Daud

Itulah beberapa keutamaan sholat dhuha beserta juga hikmahnya yang bisa kamu dapatkan jika kamu rajin untuk melakukannya.

Laksanakanlah sholat dhuha sebelum kamu beraktivitas di pagi hari untuk melancarkan rezeki, urusan yang akan kamu hadapi dan juga mendapatkan keutamaan lainnya dari Allah SWT. Kunjungi Juga: Hal-hal yang Dapat Dilakukan untuk Membuat Shalat Lebih Bernilai

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *