Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa kehidupan di pesantren sama seperti kehidupan di penjara, dimana hidup kita diatur sangat ketat dan kegiatan yang sangat monoton.

Namun, ternyata itu salah besar. Tinggal di pesantren sama saja seperti tinggal di tempat lain pada umumnya. Malah, banyak aktivitas seru yang tidak bisa ditemukan di tempat sekolah umum.

Belajar Mengantri

hidayatullah.com

Hal pertama yang kamu akan rindukan adalah proses mengantri yang harus dilewati saat menggunakan fasilitas bersama di pesantren.

Saat akan mandi, kamu harus antri, saat akan wudhu atau saat lainnya kamu diharuskan untuk mengantri dengan tertib.

Proses mengantri ini memiliki manfaat akan mengajarkan kesabaran kepada para santri yang akan berguna pada saat nanti telah lulus.

Barang Kamu Tidak Pernah Hilang

datdut.com

Maksudnya adalah barang kamu di pesantren tidak akan pernah benar-benar hilang, karena jika ada yang mengambilnya pasti tidak lama akan kembali lagi ditempat semula.

Perilaku ini sendiri bernama ‘monggosob’, dimana berasal dari kata ‘monggo’ dan ‘sob’, yakni mengambil barang orang lain tanpa permisi, namun nanti akan segera dikembalikan.

Hal ini tentu berbeda dengan pencuri karena biasanya hal ini dilakukan untuk meminjam sesuatu namun yang memiliki barang tersebut sedang tidak ada di tempat.

Belajar Istiqomah

acehsatu.com

Seperti yang sudah kita ketahui, di pesantren memiliki aturan yang sangat ketat dan tegas serta bersifat mengekang.

Aturan-aturan seperti harus bangun dini hari, melaksanakan sholat tahajud, sholat berjamaah, mengaji, sekolah dan hapalan hingga kemudian kamu harus tidur lagi pada jam 10 atau 11 malam.

Aktivitas-aktivitas pada yang terkesan mengekang tersebut sebetulnya diberlakukan untuk melatih diri kamu nantinya agar menjadi orang yang disiplin dan istiqomah.

Momen Melihat Lawan Jenis

voa-islam.com

Namanya juga tempat untuk belajar mengenai agama, maka putra dan putri harus dipisahkan tentunya. Hal ini dilakukan karena ditakutkan terjadi hal-hal yang dilarang oleh agama.

Oleh karena itu, di pesantren akan sangat jarang sekali melihat lawan jenis dan termasuk ke dalam momen yang sangat istimewa bila hal tersebut terjadi.

Biasanya momen tersebut terjadi ketika kita memiliki urusan tertentu yang sangat mendesak, dan hal itu pun kamu akan terus mendapatkan pengwasan dari mulai masuk hingga keluar.

Hukuman yang Membuat Rindu

yukepo.com

Telah disebutkan sebelumnya jika aturan di pesantren sangat-sangat ketat, dan jika kamu teledor melanggar maka siap-siap saja untuk mendapatkan hukuman.

Jika kamu masih pertama melakukan kesalahan mungkin kamu hanya akan diberikan teguran. Tapi, jika sudah lebih dari sekali, maka siap-siaplah kamu mendapatkan hukuman sebenarnya.

Hukumannya tergantung dari kebijakan yang diberlakukan di pesantren tersebut. Namun, hukuman yang standar biasanya adalah disuruh untuk berdiri di lapangan atau menghafal beberapa kata.

Untuk hukuman berat, kamu bisa digunduli untuk putra dan disuruh memakai kerudung warna-warni yang menarik perhatian bagi putri.

Saling Berbagi Makanan

pesantrenku.com

Hidup di pesantren adalah kehidupan guyub secara bersama-sama. Karena kamu akan tinggal satu kamar dengan beberapa santri lainnya.

Oleh karena itu kamu tidak bisa menjadi orang egois, dan harus selalu bisa berinteraksi serta berbagi, seperti berbagi makanan.

Berbagi makanan adalah hal yang sangat lumrah dilakukan oleh para santri, yang mana hal ini juga sebagian pelajaran di pesantren untuk tidak pelit kepada sesama.

Tidak ada Alat Elektronik Pribadi

jejamo.com

Saat kamu memutuskan untuk menjadi santri, jangan harap kamu bisa dengan bebas menggunakan alat elektronik seperti smartphone saat ada disana.

Pesantren biasanya sangat ketat dalam hal membatasi santrinya untuk menggunakan alat elektronik, karena ditakutkan dapat mengganggu konsentrasi belajar.

namun , kamu masih bisa mengakses elektronik dan teknologi yang telah disediakan untuk digunakan secara bersama-sama agar bisa menciptakan kebersamaan juga.

Itulah beberapa kehidupan di pesantren yang akan dirindukan oleh para santri yang telah lulus. Walaupun terasa sangat mengekang, namun kehidupan di pesantren akan mengajarkan kamu mengenai makna hidup yang lebih dalam dan dekat dengan Allah SWT serta menempa diri kamu untuk menjadi manusia yang bermental baja saat kamu berada di dunia luar. Kunjungi Juga: 8 Cara untuk Menanamkan Cinta Alquran Kepada Anak-anak

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *