Air merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia di dunia. Terdapat beberapa jenis air yang ada di dunia ini.

Dalam Islam, penggunaan air juga sangat penting, karena menjadi sarana utama untuk bersuci baik hadas maupun najis, hingga untuk berwudhu.

Karena begitu pentingnya air dalam Islam, para ulama mengatur sedemikian rupa masalah ini, dari mulai membagi jenis air menjadi beberapa kategori hingga menentukan hukum-hukumnya.

Air Suci dan Mensucikan

thenational.ae

Jenis air suci dan mensucikan ini memiliki arti bahwa zat atau kandungan air tersebut bisa digunakan sebagai sarana untuk bersuci.

Terdapat tujuh macam jenis air ini, yakni air hujan, air laut, air sungai, air sumur, air mata air dan air es atau air embun.

Jenis air ini oleh para ulama disebut juga dengan air mutlak. Hal ini berarti air tersebut masih pada sifat asli dari penciptaannya.

Bila sifat aslinya berubah, maka tidak lagi disebut sebagai air mutlak dan hukum penggunaannya juga berubah.

Air Musyammas

rd.com

Jenis air musyammas yakni air yang dipanaskan di bawah sinar matahari saat disimpan dalam wadah yang terbuat dari logam seperti besi atau tembaga, bukan emas atau perak.

Air musyammas ini hukum penggunaannya adalah suci dan mensucikan, namun makruh hukumnya jika digunakan untuk bersuci, yang mana harus menunggu hingga air ini dingin kembali.

Air musyammas ini juga makruh jika digunakan pada anggota badan manusia atau hewan yang terkena penyakit kulit, seperti kusta.

Air Suci tapi Tidak Mensucikan

videoblocks.com

Jenis air ini ini berarti zat atau kandungan airnya suci namun tidak dapat digunakan untuk bersuci.

Terdapat dua jenis dari air ini, yakni air musta’mal dan air mutaghayar. Air musta’mal adalah air yang telah digunakan untuk bersuci seperti wudhu dan mandi atau menghilangkan najis, dan bisa digunakan kembali untuk bersuci jika jumlahnya masih tetap sama.

Sedangkan air mutaghayar sendiri adalah air yang mengalami perubahan zat atau kandungannya karena tercampur dengan barang lainnya, sehingga air ini tidak dapat digunakan untuk bersuci.

Air Mutanajis

salamdakwah.com

Terakhir, jenis air dalam Islam adalah air mutanajis, yakni adalah air yang terkena barang najis yang jumlah airnya sedikit dan jumlah airnya banyak namun berubah salah satu zat atau kandungannya.

Jika jumlah airnya sedikit lalu terkena najis, maka air tersebut menjadi air mutanajis. Sedangkan jika jumlah airnya banyak lalu terkena najis namun tidak berubah zat atau kandungannya, maka tidak menjadi air mutanajis.

Air mutanajis sendiri tidak dapat digunakan untuk bersuci, karena zat atau kandungan airnya sudah tidak suci lagi.

Itulah beberapa jenis air dalam Islam yang bisa kamu pelajari, yang mana berguna untuk menentukan apakah air tersebut dapat digunakan untuk bersuci atau tidak. Kunjungi Juga: Fakta-Fakta Unik Tentang Air Zamzam, Air Suci Umat Muslim Dunia

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

One thought on “Jenis-jenis Air Dalam Islam dan Hukumnya untuk Bersuci

  1. April 18, 2019
    Reply

    Viagra Uk Next Day Delivery priligy canada Prix Du Tadalafil Kamagra Suppliers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *