Shalat merupakan kegiatan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Terdapat beberapa hal yang harus kita lakukan saat kita melaksanakan shalat agar mendapatkan barokah lebih.

Hal-hal tersebut memang tidak termasuk ke dalam rukun dan jug syarat shalat. Namun, hal-hal tersebut dapat membuat shalat lebih bernilai.

Semangat Untuk Menjalankan Shalat

hijaz.id

Allah SWT sangat tidak menyukai orang-orang yang malas, termasuk dalam mengerjakan shalat,

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.”

Surat An-Nisa’ Ayat 142

Seperti halnya jika seorang orang tua yang akan kesal jika anaknya tidak mengindahkan panggilannya, begitupun Allah SWT jika umatnya tidak mengindahkan panggilan untuk shalat.

Namun, Allah SWT akan memberikan apresiasi lebih kepada hambanya yang menjalankan ibadah dengan penuh semangat.

Khusyuk dan Kosongkan Hati

wahdah.or.id

Saat sedang shalat, hendaklah kita khusyuk dengan mengosongkan hati dan meninggalkan semua pikiran duniawi, karena shalat merupakan jembatan penghubung kita dengan Allah SWT.

Hal-hal yang tidak berhubungan dengan dengan shalat haruslah ditiadakan agar shalat kita bisa khusyuk. Selain itu, hadirkan juga segenap jiwa dan rasa kehadirat Allah SWT.

Walaupun tidak termasuk ke dalam syarat shalat, namun khusyuk saat menjalankan shalat itu wajib hukumnya dan dapat membuat shalat lebih bernilai.

Mengerti Makna Bacaan

bangkitmedia.com

Shalat merupakan komunikasi kita dengan Allah SWT, dan bacaan sholat merupakan cerminan dari kekhusyukan shalat.

Oleh karena itu, hendaknya seorang mukmin mengerti makna dari apa yang dibacakan dalam shalat, terutama dzikir atau minimal mengerti jika bacaan tasbih dan tahmid bertujuan untuk mengagungkan Allah SWT.

Walau hal ini tidak termasuk ke dalam syarat wajib shalat, namun dengan mengerti maknanya akan membuat shalat kita lebih khusyuk dan membuat shalat lebih bernilai.

Arahkan Pandangan Ke Arah Sujud

islamkafah.com

Walau seseorang yang shalat di depan Kakbah, memiliki keterbatasan pengelihatan atau menjalankan shalat dalam keadaan gelap, hendaklah selalu mengarahkan pandangan ke arah sujud.

Hal ini juga berlaku saat menjalankan shalat jenazah, selalu jagalah pandangan ke arah sujud dan tidak menghadapkan pandangan ke arah jenazah.

Hal ini dilakukan untuk menambah kekhusyukan shalat yang kita lakukan.

Dzikir dan Doa Setelah Shalat

konsultasisyariah.com

Terakhir, untuk membuat shalat lebih bernilai hendaklah untuk melakukan dzikir setelah shalat baik secara lirih maupun secara lantang.

Banyak sekali sumber yang dapat mengajarkan kita jika kita tidak mengetahui dzikir apa yang harus kita baca setelah kita shalat.

Dzikir setelah sholat ditujukan untuk mengucap syukur dan juga memohon ampunan kepada Allah SWT atas kesalahan yang kita lakukan.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat sholat kamu menjadi lebih bermakna, agar ibadah kita dapat dilakukan secara khusyuk kepada Allah SWT. Kunjungi Juga: Sholat Sunah yang Bisa Kamu Rutinkan untuk Menambah Amalan Kamu

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *