Alquran merupakan kalimat Allah SWT. merupakan suatu kebanggaan tentunya bagi orang tua muslim jika anak mereka sangat mencintai Alquran. Untuk mencintai Alquran, tidak hanya sebatas menghafalnya saja.

Tanda dari seseorang yang mencintai Alquran adalah ia akan selalu memiliki hasrat untuk membacanya setiap hari, mengerti apa yang ia baca dan tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Alquran.

Anak-anak akan selalu mengikuti apa yang orang terdekat atau orang tua mereka lakukan. Oleh karena itu, cobalah untuk menjadi peran orang tua sangatlah penting untuk membuat anaknya mencintai Alquran.

Berikut adalah beberapa saran yang dapat kamu lakukan untuk menanamkan cinta Alquran kepada anak-anak.

1. Berdoa untuk Diberikan Kelancaran

muslim.or.id

hal yang paling awal untuk menanamkan cinta Alquran kepada anak adalah dengan berdoa terlebih dahulu. Doa adalah senjata yang paling ampuh bagi seorang mukmin, terutama doa orang tua untuk anaknya. Tiada hal yang akan terjadi kecuali atas seizin Allah SWT.

Niatkan doa kamu dan selalu ingat untuk melakukan segala sesuatu sejalan dengan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Cobalah untuk selalu mengingat tentang kebaikan Alquran untuk menjadi motivasi kamu,

“Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,”

Surat Al-Baqarah Ayat 2

Sebagai orang tua, jangan lupa untuk terus mengawasi anak kamu dan pastikan apa yang mereka lakukan sesuai dengan syariat Islam,

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Surat At-Tahrim Ayat 6

2. Biasakan Anak Kamu untuk Mendengarkan Alquran

tahfizhquran-minjetis.com

Mulailah bahkan saat anak kamu belum lahir. Saat kamu atau istri kamu sedang hamil, kamu bisa memperdengarkan Alquran sebanyak-banyaknya kepada calon buah hati kamu.

Saat anak kamu telah lahir, dengarkanlah Alquran saat ia menangis, lakukan terus menerus pada masa awal pertumbuhannya beberapa menit dalam satu hari.

Mengenalkan Alquran sedari dini kepada anak kamu merupakan hal penting untuk membantu mereka membaca dan mengingat, bahkan hanya kalimat “Insya Allah”.

Dengan melakukan hal ini, kamu tidak akan membebankan kamu karena anak kecil biasanya sulit untuk fokus pada satu hal.

Jangan juga hanya terfokus kepada Juz’ Amma karena fokus utamanya adalah untuk membiasakan mereka dengan Alquran, bukan menghafalnya.

3. Jelaskan Mengenai Arti dari Ayat yang Didengar

destinationksa.com

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.”

Surat Sad Ayat 29

Selain memperdengarkan Alquran setiap hari, cobalah juga untuk menjelaskan mengenai surat atau ayat yang mereka dengarkan untuk menanamkan cinta Alquran kepada anak.

Kamu tidak harus menjelaskannya secara terperinci. Cukuplah untuk menjelaskan dengan bahasa sehari-hari dan dapat membuat mereka penasaran.

Cara kamu menjelaskan kepada anak kamu harus kamu perhatikan disini. Jelaskanlah dengan santai dan tidak terburu-buru agar anak kamu mengerti dan terus memperhatikan.

4. Ceritakan Hal-hal Menarik mengenai Alquran

patheos.com

“Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran ini kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan)nya adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui.”

Surat Yusuf Ayat 3

Allah menyisipkan beberapa kisah dalam Alquran, yang mana beberapa kisah memiliki pelajaran yang berharga dan juga inspirasi untuk kita.

Kamu bisa menceritakan mengenai kisah yang ada dalam Alquran kepada anak kamu saat anak kamu akan tidur atau sedang melihat tayangan anak yang berhubungan dengan kisah tersebut.

Dengan menceritakan kisah yang terdapat dalam Alquran, maka akan memberikan visualisasi kepada anak-anak sehingga mereka dapat mengingat dan memahami Alquran dengan mudah.

5. Jangan Tergesa-gesa dan Terus Beri Mereka Dukungan

csmonitor.com

Janganlah kamu terlalu memaksa anak kamu, jangan jadikan mendengarkan Alquran sebagai tugas untuk mereka.

Perdengarkanlah Alquran hanya beberapa menit saja namun dilakukan secara konsisten akan jauh lebih baik dalam menarik perhatian anak kamu.

Jangan memberi hukuman jika anak kamu tidak mau menurut untuk mendengarkan Alquran, karena hal tersebut akan berdampak buruk kedepannya.

Jangan juga kamu memberikan hadiah saat setiap anak kamu berhasil melakukan apa yang kamu tugaskan. Hal itu hanya menjadikan tujuan anak kamu untuk melakukan sesuatu hanya karena hadiahnya, bukan karena ketulusannya.

Berikanlah contoh yang baik dalam hal mencintai Alquran kepada anak kamu, agar anak kamu juga melakukan hal yang sama nantinya.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Surat Ar-Ra’d Ayat 28

6. Buat Permainan yang Berhubungan Dengan Alquran

washingtonexaminer.com

Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk bermain permainan yang mengandung mengenai fakta-fakta menarik dalam Alquran misalnya.

Contoh lainnya, kamu bisa melakukan kuis dengan beberapa tim saling berkompetisi dengan permainan yang sangat menarik.

Atau, kamu juga bisa membuat permainan membuat kaligrafi atau membuat benda lain yang menarik dan berhubungan dengan Alquran.

7. Dorong Mereka untuk Berani Berbagi Tentang Apa yang Mereka Pelajari

aboutIslam.net

Rasulullah SAW bersabda,

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

Saat pengetahuan anak kamu mengenai Alquran bertambah, cobalah untuk memberikan tantangan kepada mereka untuk menjelaskan apa yang mereka sudah pahami.

Cobalah juga untuk membuat mereka tidak sungkan untuk menegur kamu saat kamu salah menyampaikan maksud dalam Alquran. 

Dengan begitu, kamu akan menjadi guru terbaik yang pernah mereka miliki. Sehingga kamu bisa menanamkan cinta Alquran kepada anak dengan baik.

8. Lakukan Dengan Mencontohkan

shariaunveiled.wordpress.com

Hal terakhir untuk menanamkan cinta Alquran kepada anak adalah dengan melakukan perbuatan lebih keras dari ucapan kamu. Anak-anak akan lebih mengerti saat mereka melihat contohnya secara langsung, bukan saat mereka diperintahkan.

Baca dan dengarkan Alquran setiap hari selama beberapa menit. Dengan menunjukkan kepada anak kamu betapa penting dan besarnya rasa cinta kamu kepada Alquran membuat mereka pun akan melakukan hal yang serupa.

“Dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.”

Surat At-Tur Ayat 21

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menanamkan cinta Alquran kepada anak kamu. Terakhir, hal yang paling utama adalah lakukan yang terbaik dan selalu percaya kepada Allah SWT. Kunjungi Juga: 9 Nasihat Nabi Muhammad untuk Anak-anak

 

Daftarkan rencana ibadah Haji dan Umroh-mu bersama Ayohaji sekarang! Dan dapatkan penawaran menarik paket ibadah Haji dan Umroh dengan mengisi form di bawah ini atau juga bisa ke halaman Daftar. Tim Kami akan segara menghubungi Anda.

*
*

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *